Rabu, 08 Januari 2014

Penyebab Penyakit Wasir pada Anak

Penyebab Wasir pada Anak


Penyebab wasir pada anak dipengaruhi beberapa faktor, begitu juga cara mengobati wasir tersebut. Ternyata yang berisiko menjadi penderita wasir tidak hanya bagi orang dewasa saja, karena serat yang terkandung di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran juga sangat penting untuk anak-anak, terutama yang berada pada masa sekolah yaitu sekitar usia 4 tahun sampai dengan usia 18 tahun. Jika kebutuhan akan serat bagi anak Anda tidak dapat terpenuhi, maka mereka bisa saja akan mengalami gangguan susah buang air besar (BAB) atau lama kelamaan akan dapat menjadi penyebab wasir pada anak.

Dr Pauline Endang Praptini, MS, SpGK ketika ditanya mengenai penyebab wasir pada anak mengungkapkan bahwa apabila anak hanya suka mengkonsumsi tepung-tepungan saja tidak suka makan sayur-sayuran dan buah-buahan, nanti bisa ada kasus seperti pasien beliau yang tidak bisa buang air (BAB) selama tujuh hari, kalau bisa diatasi dengan obat maka masih mending, akan tetapi kalau tidak bisa maka harus dilakukan tindakan operasi," lanjut ahli gizi ini.

Faktor makanan jadi penyebab wasir pada anak

Selain membutuhkan banyak kandungan serat, anak-anak usia sekolah juga perlu mendapat asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang memadai sebagai sumber energi untuk sel otak, sel saraf, dan sel darah merah mereka. "Karena kalau energinya tidak maksimal, daya pikir anak di sekolah akan menurun terutama mereka yang tidak sarapan," kata dr Pauline.
 
Menurut pernyataan dr Pauline, serat yang ada itu terbagi menjadi dua jenis yaitu serat yang dapat larut dalam air dan serat yang tidak dapat larut dalam air. Serat yang dapat larut dalam air bisa bertindak sebagai prebiotik yang memberi nutrisi terhadap sel usus sehingga mencegah diare atau sembelit. Sedangkan, serat yang tidak dapat larut dalam air bisa memperbesar volume feses, mempermudah proses buang air besar, dan mencegah timbulnya masalah wasir. "Jangan anggap anak-anak tidak bisa wasir. Kalau pola makannya buruk, tidak pernah konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran lalu akan sering mengalami susah BAB, anak Anda pasti akan sering ngejan, pembuluh darah di sekitar anus akan melebar dan bisa jadi akan menjadi penyebab wasir pada anak," tambah beliau. Keterangan tersebut disampaikan oleh dokter yang berpraktik di RS Fatmawati ini dalam Media Workshop Sehatnya Duniaku 'Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu, dan Bergizi' di Seremanis Resto, Jl KH Agus Salim, Jakarta Pusat.

Faktor penyebab wasir pada anak

Sebenarnya faktor atau penyebab wasir yang dapat timbul pada anak-anak ini sangat kecil, namun semua pasti memiliki kemungkinan. Karena sebenarnya masih ada faktor-faktor lain yang masih lebih jauh berpengaruh kepada proses penyebab wasir pada anak, misalkan dari pengaruh kurangnya mengkonsumsi air, faktor terlalu banyak duduk, suka mengejan saat buang air dan sering jongkok dalam waktu yang lama ketika BAB.

Cara mengobati wasir

Untuk cara mengobati wasir, kini ada metode terbaru yang dinamakan BEIM (Biological Impedence Electrical auto Measurement), dimana metode ini menggunakan konsep elemen yang dipanaskan sehingga memberikan banyak keuntungan dibanding menggunakan operasi secara konvensional atau menggunakan obat-obatan. Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari cara mengobati wasir metode BEIM ini adalah proses pengerjaan yang relatif cepat (sekitar 15 menit), minim pendarahan ketika tindakan, minim rasa nyeri pasca tindakan dibanding dengan metode operasi konvensional, tanpa ada proses jahitan, tanpa perlu melakukan rawat inap, dan yang paling penting adalah biaya yang dikeluarkan juga relatif murah. Pengobatan wasir dengan metode  ini juga proses penyembuhan relatif cepat, karena luka hasil dari operasi wasir ini langsung kering. Pengobatan wasir dengan BEIM ini kini telah hadir di Rumah Wasir. Rumah Wasir merupakan klinik wasir modern yang menggunakan konsep ini dan telah terbukti sangat baik mengatasi wasir atau ambeien.

sumber : www.rumahwasir.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar